Monday, December 8, 2008

Jangan Buang Komputer Lama Anda

Di negeri Paman Sam, tahun ini diperkirakan akan ada 30% konsumen yang akan mengganti komputer lamanya dengan yang baru. Alasannya teknologi komputasi kian maju, memori makin cepat, kapasitas penyimpnan makin besar, dan fitur-fitur lainnya yang menawan.

Pada 2007 diperkirakan terjual 70 Juta komputer di AS menambah banyak kepemilikan komputer sebanyak 80% dari seluruh penduduk AS. Dengan penambahan tersebut, sekitar 394 kilowatt/ per jam listrik dikonsumsi selama 2007 oleh seluruh komputer di AS dan sekitar 18 Juta ton gas karbon dioksida diterbangkan ke udara.

Thegreenguide.com, situs promosi gaya hidup ramah lingkungan mengkhawatirkan penambahan polusi dan pembengkakan pemakaian energi di AS pada 2008 ini. Sebuah anjuran pun disampaikan kepada konsumen sebelum memutuskan untuk membeli komputer baru. Tidak hanya berguna untuk warga AS, anjuran ini juga bisa dilakukan oleh seluruh penduduk dunia, berikut kutipannya.

Upgrade komputer tua sebelum membeli yang baru. Jika memungkinkan, upgrade-lah komputer lama Anda dengan software atau hardware baru. Keuntungannya, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit daripada membeli seperangkat komputer baru. Biasanya komputer desktop lebih mudah di-upgrade daripada komputer laptop. Upgrade juga sebaiknya bervisi ramah lingkungan. Misalnya mengganti harddrive atau prosesor yang megonsumsi lebih banyak listrik.

Membeli komputer yang mudah di-upgrade. Jika akhirnya harus membeli komputer baru karena komputer lama tidak bisa di-upgrade, pilihlah komputer yang mudah di-upgrade. Caranya, tanya ke penjual apakah mainboard, memory, prosesor, sound card bisa di-upgrade?

Hindari fitur flash dan audio jika tidak dibutuhkan. Tidak semua orang membutuhkan hiburan menonton animasi flash atau audio. Ada juga yang membutuhkan komputer hanya untuk mengetik dan membuat perhitungan akuntansi. Jika Anda termasuk yang seperti itu, belilah komputer dengan spesifikasi perkantoran tanpa fitur multimedia. Karena, fitur multimedia cenderung menyerap energi listrik lebih banyak.

Hindari komputer baru dengan kemasan yang tak dapat didaur ulang. Untuk Indonesia tampaknya ini masih sulit karena kebanyakan kemasan bawaan elektronik baru dilengkapi dengan stereofoam dan bahan yang tidak bisa didaur ulang.

Penggunaan yang Efisien

Jika tidak digunakan, matikan komputer. Di AS, diperkirakan sekitar 20% komputer tidak digunakan masih menyala di waktu malam dan akhir minggu.

Environmental Protection Agency (EPA), lembaga nirlaba lingkungan di AS menyarankan komputer diposisikan standby atau sleep setelah 30 hingga 60 menit tak aktif. Untuk lebih irit, posisikan sleep setelah 5 hingga 20 menit tidak aktif.

Donasikan ke sekolah atau komunitas sekitar. Produsen komputer kelas dunia biasanya menyediakan program tukar tambah (takeback) untuk komputer lama jika konsumen membeli yang baru. Jika produsen komputer yang Anda beli tidak menyediakan program tersebut, jangan buang sembarangan, ada beberapa cara yang memungkinkan komputer lama Anda tetap berguna dan tidak menambah banyak sampah elektronik.Untuk kita mungkin tidak berguna, tapi bagi sekolah atau komunitas tertentu pemberian komputer akan sangat berarti.

No comments: