Monday, December 8, 2008

Komputer lama jadi server

Oke jadi gw punya komputer tua dengan spesifikasi: Pentium 4 1,7GHz, 256 SDRAM, NVidia GForce4MX, 80 GB HDD, 1 CD-RW, on-board soundcard, dan 4 port USB v1.0. Komputer ini gw setup sebagai komputer server pribadi, untuk melayani beberapa komputer dan sebuah notebook yang sama-sama lebih baru daripada komputer ini.

Di komputer lama ini gw install dua OS (system), yaitu Mandriva Linux 2006 Free Edition (Mandriva) dan Microsoft Windows XP Pro SP2 (WinXP Pro SP2). Sebenarnya pada awalnya hanya ada WinXP Pro SP2, karena gw pernah bekerja menggunakan komputer ini dan pekerjaan gw semua serba Windows. Mandriva baru di-install kira-kira satu tahun sebelum gw memutuskan untuk membeli komputer baru.

Sekedar informasi, sebenarnya WinXP Pro SP2 agak jarang dijalankan karena hampir semuanya sudah bisa dilakukan di Mandriva. WinXP Pro SP2 (masih) ada karena ada beberapa program yang hanya jalan di system Windows (oke, sebenarnya karena gw malas coba-coba dengan Wine :D), seperti FMA untuk ponsel, untuk membaca kamera digital, dsb.

No comments: